Isntrumen Supervisi Akademik tingkat SMA atau sederajat
Contoh Instrumen Supervisi Akademik Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat
INSTRUMEN SUPERVISI AKADEMIK
Nama Guru : Tanggal Supervisi :
Mata Pelajaran :
Tempat :
Kelas/Program :
NO
|
KEGIATAN
|
TIDAK
ADA
|
KURANG
LENGKAP
|
LENGKAP
|
CATATAN
|
A.
|
PERENCANAAN
|
||||
1
|
Menyusun program tahunan
|
||||
2
|
Menyusun program semester
|
||||
3
|
Membuat RPP
|
||||
4
|
Menyiapkan bahan ajar
|
||||
5
|
Menyiapkan instrumen penilaian
|
||||
a.
|
Sikap
|
||||
b.
|
Pengetahuan
|
||||
c.
|
Keterampilan
|
||||
B
|
PELAKSANAAN
|
||||
6
|
Menyiapkan kondisi siswa
|
||||
7
|
Memotivasi siswa
|
||||
8
|
Menyampaikan tujuan pembelajaran
|
||||
9
|
Memfasilitasi aktivitas
siswa untuk:
|
||||
a.
|
Mengamati
|
||||
b.
|
Bertanya
|
||||
c.
|
Mencoba (praktik)/ mengumpulkan informasi
|
||||
d.
|
Bernalar (mengasosiasi)
|
||||
e.
|
Mengomunikasikan
|
||||
f.
|
Bekerja dalam kelompok
|
||||
g.
|
Kerja individu
|
||||
10
|
Mengklarifikasi/
mengonfirmasi materi:
|
||||
a.
|
faktual
|
||||
b.
|
Konseptual
|
||||
c.
|
Prosedural
|
||||
d.
|
Metakognitif
|
||||
11
|
Membantu penjelasan contoh pemecahan
masalah
|
||||
12
|
Menggunakan
ICT dalam pembelajaran
|
||||
13
|
Memanfaatkan sumber belajar:
|
||||
a.
|
Buku pegangan siswa
|
||||
b.
|
Perpustakaan dan/atau laboratorium
|
||||
c.
|
E-learning/website sekolah/internet
|
||||
d.
|
Lingkungan alam/sosial (kontekstual)
|
NO
|
KEGIATAN
|
TIDAK
ADA
|
KURANG
LENGKAP
|
LENGKAP
|
CATATAN
|
e.
|
Sumber lain dengan sudut pandang
berbeda
|
||||
14
|
Menggunakan model inquiry/discovery/
project/problem based learning
|
||||
15
|
Melaksanakan
umpan balik/ Penilaian
|
||||
16
|
Menyampaikan rencana kegiatan berikutnya
|
||||
17
|
Memberikan tugas membaca/ pendalaman
|
||||
C.
|
EVALUASI DAN TINDAK LANJUT
|
||||
18
|
Menginformasikan hasil penilaian
|
||||
19
|
Menganalisis hasil penilaian
|
||||
20
|
Memberikan remedial bagi yang belum tuntas
|
||||
21
|
Memberikan pengayaan bagi yang sudah tuntas
|
||||
22
|
Mendokumentasikan hasil penilaian dalam buku
nilai/bentuk lain
|
||||
23
|
Melaporkan hasil penilaian
|
||||
JUMLAH
|
Sirampog,
……………. 2016
Pelaksana Guru Mata Pelajaran
Supervisi
……………………..
…………………….. …………………....
NIP ……………… NIP ……………..
NIP ……………… NIP ……………..
SARAN/REKOMENDASI
………………………………………………………………...…………………………………………………
………...………………………………………………………………………………………………………..
………...………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………...………………………………………………..
LEMBAR WAWANCARA PRA OBSERVASI
Nama Guru :
Tanggal Supervisi :
Mata Pelajaran :
Tempat :
Kelas/Program
:
NO
|
PERTANYAAN
|
JAWABAN
|
1
|
Apakah Bapak/Ibu sudah menyiapkan
diri untuk
supervisi? Apakah intrumen awal sudah diisi?
|
|
2
|
Persiapan apa yang sudah bapak/Ibu lakukan?
|
|
3
|
Apakah Bapak/Ibu mengalami kendala/
hambatan untuk
menyiapkan supervisi?
Jelaskan!
|
|
4
|
Di kelas mana Bapak/Ibu akan dilakukan
supervisi? Materi dan metode apa yang digunakan?
|
|
5
|
Penilaian apa yang akan dilakukan
saat supervisi?
Apakah instrumen penilaian sudah disediakan?
|
Sirampog, ………..……....2016
Pelaksana Guru Mata Pelajaran
Supervisi
…………………………… ……………….......
NIP ……………………… NIP ………….......
NIP ……………………… NIP ………….......
LEMBAR WAWANCARA PASCA OBSERVASI
Nama Guru : Tanggal Supervisi
:
Mata Pelajaran :
Tempat :
Kelas/Program :
NO
|
PERTANYAAN
|
JAWABAN
|
1
|
Selamat buat bapak/Ibu dan terima aksih
sudah
melaksanakan
supervisi akademik? Bagaimana kesan ibu hasil supervise minggu lalu?
|
|
2
|
Apakah bapak/Ibu merasa ada yang belum sesuai
dengan rencana (RPP)?
|
|
3
|
Apakah ada kesulitan/hambatan pada saat
supervisi?
|
|
4
|
Apa kekuatan/keunggulan bapak/ibu selama ini ketika
mengajar?
|
|
5
|
Apa usulan/saran bapak/ibu untuk
meperkuat
proses pembelajaran/penilaian sekaligus
meningkatkan kompetensi guru terkait hal ini?
|
Sirampog, ……………. 2016
Pelaksana
Guru Mata Pelajaran
Supervisi
………………………… …………………………. NIP …....................... NIP
…………………..
SARAN/REKOMENDASI
………………………………………………………………...…………………………………………………………………
………………………………………………………………...…………………………………………………………………
………………………………………………………………...…………………………………………………………………
Demikian artikel tentang Contoh Isntrumen Supervisi Akademik tingkat SMA atau sederajat