--> Skip to main content

AIR TERJUN CURUG PUTRI Mendala Sirampog



CURUG PUTRI





Curug Putri, adalah sebuah Curug (air terjun) yang indah yang terletak di sungai PEDAS (Masyarakat Menyebutnya Kali Pedes) dukuh Padanama Desa Mendala Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes, nama Curug Putri konon katanya dahulu kala air terjun ini adalah tempat yang sering di datangi putri kayangan atau bidadari, disamping air terjun yang indah juga terdapat pemandangan sekelilingnya yang juga indah. Air terjun Curug Putri sangatlah jernih airnya, dalam ketinggian ±30Meter itu dihiasi dinding-dinding bebatuan yang memiliki nilai seni yang sangat tinggi.

Karena tempat yang cukup menarik, Banyak orang sering berkunjung ke curug putri dengan tujuan yang bermacam-macam, mulai dari sekedar jalan-jalan mennikmati suasana, menghilangkan stres, Camping, Hiking, dan lain sebagainya, bahkan ada juga yang berjalan-jalan bersama pasangan mereka, terkadang juga digunakan oleh warga sekitar sebagai tempat bernostalgia.

            Untuk menikmati keindahan Curug Putri, memang cukup jauh dan hanya bisa dilewati dengan jalan setapak dari perkampungan Padanama... untuk sampai ke Curug Putri kita bisa melewati dari Pasar Induk Sirampog (Masyarakat Menyebutnya Rusmen), kemudian dari perempatan Pasar Sirampog pilih jalan yang mengarah ke utara untuk memasuki Padanama, sesampainya ke ujung Padanama kita bisa memarkirkan kendaraan kita di perkampungan setempat, di karenakan jalan yang harus ditempuh itu melewati parit-parit persawahan maka kita harus jalan kaki kurang lenih memakan waktu 15 Menit.

dalam perjalanan menuju curug puteri kita bisa melihat pemandangan-pemandangan yang bisa kita nikmati disepanjang perjalanan, mulai dari persawahan,perbukitan sampai panorama yang indah. Ingat, janganlah terlalu lama dan terlena dalam menikmati keindahan CURUG PUTRI hingga lupa waktu, karena disitu tidak ada penginapan, dan jangan lupa untuk membawa bekal makanan, karena disekitar tidak ada penjual seorangpun.

Potensi wisata yang ada di curug putri, yang terletak di Dukuh Padanama, Desa Mendala Kecamatan Sirampog, sayang tidak pernah dilirik oleh pemerintah daerah. Apalagi jika sampai dilirik oleh para investor. Sehingga keberadaannya masih tetap seperti apa adanya. Padahal jika di jadikan sebagai jalur wisata agro, curug putri cukup menjanjikan. Daya dukung yang ada, sebenarnya jika dikelola dengan baik dan professional, mampu menjadikan curug putri sebagai andalan tujuan wisata.

Sekali lagi, keseriusan Pemerintah Daerah (Kabupaten Brebes), tampaknya lebih terfokus pada daerah – daerah yang berada di wilayah Brebes Utara. Curug Putri yang menunggu di poles wajahnya, hingga tulisan ini diterbitkan pun, masih sangat alami. Belum tersentuh, dan entah kapan akan tersentuh  ! hanya kreatifitas warga setempat yang sedikit menambahkan kolam untung berenang dan itupun hanya sekedar pelengkap.






Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar