--> Skip to main content

POS UN dan Kisi-Kisi UN 2013/2014

Ujian Sekolah dan Ujian Nasional baik tingkat SMP/MTs/SMPLB, SMA/SMK/MA/SMALB dan sekolah Paket di semua jurusan sebentar lagi akan dilaksanakan, kurang lebih 3 bulan lagi.
Banyak persiapan-persiapan yang tekah di lakukan oleh dewan guru kepada siswanya demi kelancaran pelaksaan Ujian Sekolah dan Ujian Nasional tahun 2013/2014 ini, diantaranya mulai dari Bimbel, Les Prifat, penambahan materi yang dilakukan sejak bulan-bulan lalu, itu membuktikan bahwa semangat guru dalam mendidik anak didiknya memang sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab.
akan tetapi terkadang siswa-siswi merasa bosan terhadap dunia pendidikan, banyak faktor yang menyebabkan ini terjadi, tapi mari kita berdo'a bersama-sama semoga pendidikan Indonesia semakin maju dan berkualitas. Aamiin.
Perlu di ketahui bahwa mulai tahun 2014 untuk tingkat SD/MI/SDLB tidak ada lagi yang namanya Ujian Nasional, Yang ada hanya ujian sekolah, hal ini materinya 25% di ambil dari pemerintah pusat dan 75% dari sekolah yang berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota.
Materi-materi yang diujikan untuk tingkat SD/MI adalah Matematika, Bahasa Indonesia dan IPA.
Lebih jelasnya mengenai penghapusan Ujian Nasional SD/MI silahkan klik
di sini

Agar lebih memahami aturan-aturan Ujian Nasional yang akan dilaksanakan nanti, sebelumnya harus kita ketahui dulu standar-standar atau aturan-aturan yang ada didalam Prosedur Operasi Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional (POS UN), apakah POS UN itu?
Berdasarkan surat keputusan BADAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (BSNP)
NOMOR: 0022/P/BSNP/XI/2013 yang di tetapkan di jakarta pada tanggal 30 November 2013.
BSNP telah menerbitkan Prosedur Operasi Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional (POS UN)
Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah, Sekolah
Menengah Pertama Luar Biasa, Sekolah Menengah Atas/
Madrasah Aliyah, Sekolah Menengah Atas Luar Biasa, Sekolah
Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan, Serta
Pendidikan Kesetaraan Program Paket B/Wustha, Program
Paket C, Dan Program Paket C Kejuruan Tahun Pelajaran
2013/2014,
Dimana Prosedur Operasi Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional (POS UN) menjadibuku pegangan  bagi para guru untuk lebih siap dalam menghadapi Ujian Nasional, karena di dalam Prosedur Operasi Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional (POS UN) itu terdapat semua tentang pelaksanaan Ujian Nasional, mulai dari Perundangan-undangan, Jadwal Pelaksaan Ujian Nasional sampai Agenda Pelaksaan Ujian Nasional.
untuk lebih jelasnya silahkan bisa anda Download Prosedur Operasi Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional (POS UN) di sini.

Agar tidak melenceng dalam memberikan materi kepada siswa dan agar bisa menentukan target berapa nilai yang harus di tempuh untuk mencapai kelulusan. untuk itu bisa anda lihat SKL/kisi-kisi soal Ujian Nasional di bawah ini :
Sebelum anda download, perlu diketahui bahwa Pelaksana Ujian Nasional tingkat pusat menetapkan SKL/kisi-kisi Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2012/2013 segabaimana telah di tetapkan dalam peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) No. 0019/P/BSNP/XI/2012 sebagai kisi-kisi Soal Ujian Nasional (UN) untuk Tahun Pelajaran 2013/2014, untuk itu jangan heran jika anda mendownload SKL/kisi-kisi di bawah ini ternyata yang anda dapatkan adalah kisi-kisi Tahun Pelajaran 2012/2013. Ok. Silahkan lanjutkan......!
  1. Kisi-kisi SD/MI di sini
  2. Kisi-kisi SMP/MTs di sini
  3. Kisi-kisi SMA/MA di sini
  4. Kisi-kisi SMK/MAK di sini
  5. Kisi-kisi Paket A di sini
  6. Kisi-kisi Paket B dan C di sini
  7. Permen Nomor 97 Tahun 2013 di sini
Sekian postingan kali ini tentang Pos UN dan Kisi-kisi Ujian Nasional 2013/2014.
Semoga pendidikan Indonesia lebih maju dan semoga artikel ini bermanfaat.
Terimakasih.


)* Mohon Jika ada kesalahan silahkan tulis di komentar. Terimakasih
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar